Pengertian Domain dan Hosting Beserta Contohnya

Nah artikel kali ini ngbahas yang dasar-dasar dulu biar paham tentang pengertian domain dan hosting beserta contohnya. Untuk memudahkan c...

Nah artikel kali ini ngbahas yang dasar-dasar dulu biar paham tentang pengertian domain dan hosting beserta contohnya. Untuk memudahkan contoh saya analogikan Apartemen itu sebuah Server, Lantai itu sebuah Hosting dan Kamar itu sebuah Domain. Baik saya mulai pembahasannya.

Pengertian Domain

Domain adalah nama pengganti dari ip address yang akan menuju pada server tertentu, Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain itu juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit dikenal sebagai ip address.
Secara gampang nama domain adalah alamat dari sebuah website. Nama domain inilah yang akan digunakan oleh orang untuk dapat mengunjungi website Anda, misalnya namakamu.com , smkletris.sch.id, trik.my.id dll.
Saya contohkan begini, dalam sebuah Apartemen ada beberapa Lantai, di dalam sebuah Lantai ada sebuah Kamar, nah kamar ini lah yang di sebut dengan domain, kita sebut saja nama kamar tersebut kamar saungdigital.com, nah ini lah yang disebut dengan nama domain.

Jenis-jenis Domain

Top Level Domain (TLD) adalah susunan huruf terakhir setelah tanda titik dari sebuah nama domain. Contoh juprimaulana.com maka TLD nya adalah .com (dot com). TLD banyak jenisnya seprti .com, .net, .org, .id, .pro dll.
Second Level Domain (SLD) adalah bagian kedua dari kanan atau bagian setelah TLD dari sebuah nama domain. Contoh SLD juprimaulana.blogspot.com maka SLD nya adalah .blogspot
Subdomain adalah sebuah domain yang merupakan bagian dari domain utama, subdomain biasanya terletak di depan (sebelah kiri) dari nama domain. Tujuan dari dibuat subdomain biasanya karena diperlukan sebuah website baru yang memiliki fungsi berbeda dengan website utama. Contoh blog.juprimaulana.com maka sub domain nya adalah blog.
Setelah paham apa itu domain, langkah selanjutnya adalah menentukan hosting, domain tidak akan berjalan atau tidak bisa di akses tanpa adanya hosting.

Pengertian Hosting

Hosting adalah suatu layanan yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data pada sebuah website sehingga dapat diakses melalui internet. Data tersebut dapat berupa dokumen, gambar, video, email, aplikasi, dan lain sebagainya.
Secara gampang hosting adalah tempat dari sebuah website. Hosting inilah yang akan digunakan oleh penyewa tempat untuk menyimpan data-data agar sebuah website bisa bekerja, domain tanpa hosting maka tidak akan bisa di akses.
Saya contohkan begini, dalam sebuah Apartemen ada beberapa Lantai, di dalam sebuah Lantai ada beberapa Kamar, nah Lantai ini lah yang di sebut dengan hosting. Di dalam sebuah hosting kita bisa buat beberapa bahkan banyak domain (kamar), tapi tergantung kapasitas dari hosting tersebut.

Jenis-jenis Hosting

Pada dasarnya hosting terdiri dari berbagai jenis dan spesifikasi, sesuai dengan kebutuhan dari penggunanya. Jadi pilih lah hosting sesuai kebutuhan saja.

Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis layanan web hosting dimana dalam satu server di miliki oleh banyak pengguna untuk berbagi sumber daya. Jenis hosting ini umumnya lebih murah dibandingkan yang lainnya.
Shared hosting biasanya digunakan oleh para pemilik website yang trafik websitenya tidak banyak, cocok bagi pemula atau yang baru belajar.
Contoh “dalam sebuah Apartemen ada beberapa Lantai, di dalam sebuah Lantai ada beberapa Kamar, nah Lantai ini lah yang di sebut dengan shared hosting. Dimana kamu akan berbagi kapastias dengan lantai-lantai yang lain pada sebuah apartemen (server)”.

VPS Hosting

VPS hosting adalah singkatan dari Virtual Private Server, yaitu sebuah mesin virtual yang digunakan sebagai hosting untuk website. Konsep virtualisasi mirip dengan shared hosting di mana satu server dapat memiliki beberapa situs yang berjalan di atasnya. Namun, teknologi virtualisasi memungkinkan setiap account harus diperlakukan sebagai mesin sendiri dengan sumber daya sendiri.
Virtual Private Server digunakan oleh pemilik website yang memiliki website dengan trafik yang besar dan stabil, cocok bagi publisher adsense yang memiliki trafik besar 10.000 pv/ day.
Contoh “dalam sebuah Apartemen ada beberapa Lantai, di dalam sebuah Lantai ada beberapa Kamar, nah Lantai ini lah yang di sebut dengan VPS Hosting. Dimana kamu adalah pemilik seluruh ruangan pada sebuah apartemen (server) tanpa berbagi dan terganggu”.

Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah jenis layanan hosting yang menyediakan server yang digunakan hanya untuk satu akun website saja. Dengan kata lain, satu server ini didedikasikan untuk melayani satu klien saja atau satu website.
Jenis hosting ini untuk pemilik website dengan trafik yang sangat besar. Selain performa website yang lebih baik, dedicated hosting juga menawarkan privasi yang lebih terjaga karena hanya digunakan oleh satu klien saja, cocok untuk perusahan besar untuk menjaga keaman dan kesetabilannya.
Contoh “dalam sebuah Apartemen ada beberapa Lantai, di dalam sebuah Lantai ada beberapa Kamar, nah Apartemen inilah milik anda sendiri tanpa berbagi dan terganggu”.
Nah itulah pengertian domain dan hosting beserta contohnya semoga bermanfaat, ini contoh ala saya bisa berbeda dengan contoh pada blog lain.
Name

About US,1,activate,1,ADDMEFAST,1,AdLinkFly,1,Adobe Illustrator,1,Adsense,17,ANALISA WEB,1,android,39,anonymous-surfing,1,Aplikasi,40,Artikel,11,Backlink,7,Backlinks,20,Backup,1,BBM,5,beginners,1,Best 140+ Do-follow Web 2.0,1,Best 59+ Free Ping Submission Sites For Faster Indexing,1,Best High DA Dofollow Blog Commenting,1,BIN,1,Blog,27,Blog Design,2,Blogger,1,Blogspot,3,Bounce Rate,1,Canva pro,1,CDN,1,Chrome,1,Copy Artikel,1,cPanel,1,crack,2,darknet,1,darkweb,1,Desain,1,DevTools,1,DIGITAL MARKETING,1,Disposable E-mail Free,1,Disqus,1,domain,1,download,2,DropMyLink,1,Dunia Kampus,1,e-books,1,EDU BACKLINKS,5,Envato Elements,1,Express Vpn Premium Account,1,FAQ SCHEME PAGE,1,Followers,1,Footer,1,free,1,Free Courses,2,Free Credits,1,Free Image Submission Sites,1,free methods,1,Free Profile Creations Sites List 2020-2021,1,Free RDP,1,Free Video Submission Sites List 2020-2021,1,freelancing,1,Gadget,7,giveaway,1,Gmail,2,Google,3,GOOGLE ADS,1,Google Adsense,2,GOOGLE ANALYTICS,1,Google Dork,1,google drive,2,Google My Business Customer Reviews,1,GOOGLE SEARCH ENGINE,1,GoogleNews,1,Grammarly Premium Cookies,1,guide,2,Guides,1,Header,3,High Authority Blog Submission Sites List,1,High DA/PA PPT Submission Sites List 2020-2021 for SEO,1,hosting,1,Hotstar Premium,1,How To,1,How to Activate,3,HTML,5,IDM,1,Info Blog,11,Info Google,13,Inspirasi,5,Instagram,4,internet,1,Jejaring Sosial,12,JNews,1,JSON-LD,1,Kapita Selekta,3,Komentar,8,Komputer,11,Kurikulum 2013,2,Label,3,learning,1,LINE,3,Link,14,LINK BUILDING,1,Lynda,1,Lynda.com,1,Majalah Wanita Online,1,MENINGKATKAN SEO WORDPRESS,1,Menu,2,MICRODATA SEO,1,MultCloud,1,multi cloud management,1,MyThemeShop,1,Netflix Accounts,1,News,38,newsmag,1,newspaper,1,Noor theme,1,Nord Vpn Premium Account In April 2020,1,NORD VPN PREMIUM ACCOUNTS,1,On Page SEO,8,online shop,1,Opini,10,OVHcloud,1,Page Speed,1,Pagerank,8,PDF Submission,3,PDF Submission Sites,1,Pembelajaran,4,Pixelyoursite,1,plugin,1,plugins,2,post views,1,Posting,10,Premium cookies,1,Privacy Policy,1,Produk,1,proxy,1,PVANISH PREMIUM ACCOUNT,1,reset-password,1,Review,52,RSS,1,RSS Feed Submission Sites List 2020-2021,1,Schema,1,Search Engine,4,SEARCH QUALITY RATERS,1,Secret Hacks,1,SEF,8,seo,98,SEO Tools,3,SEO WORDPRESS,1,Settings,1,Shopify,1,Shopping,1,Shortcode,1,Sidebar,2,social media,14,SoundCloud,1,Spam,1,Spotify,1,Spotify Premium Accounts,1,STM Forum,1,Submission,1,tagdiv,1,Template,9,themes,2,Tips,3,Tips & Tricks,17,TIPS DAN TRIK,2,tips-tricks,4,Tokoh,1,Tools,10,Tricks,9,Trik,1,umum,1,VPS,1,Web 2.O Sites List 2020,1,Web Hosting,2,Webmaster Tools,6,Website,3,WhatsApp,16,Widget,10,windows,1,Windows 11,1,wordpress,23,WORDPRESS & WOOCOMMERCE TUTORIALS,1,WP Rocket,1,youtube,18,YouTube 2021,1,
ltr
item
Trik.My.ID - Trik dan Tips Untuk Semuanya: Pengertian Domain dan Hosting Beserta Contohnya
Pengertian Domain dan Hosting Beserta Contohnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiaYweDWEh8wkXAsnmFiIoJGRe1IM_raRjOKcwJJ_AtyKOLnhfRlGWsql_IihWi1qtg1qh7Rgao5lLA0cefSziELiEnQLk3_VI-ZOFq7kjb8q0l2yNoCg8Fq5KUbXG9VNJL1QTX8H0dHUw7/s640/Blog.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiaYweDWEh8wkXAsnmFiIoJGRe1IM_raRjOKcwJJ_AtyKOLnhfRlGWsql_IihWi1qtg1qh7Rgao5lLA0cefSziELiEnQLk3_VI-ZOFq7kjb8q0l2yNoCg8Fq5KUbXG9VNJL1QTX8H0dHUw7/s72-c/Blog.jpg
Trik.My.ID - Trik dan Tips Untuk Semuanya
https://www.trik.my.id/2020/03/pengertian-domain-dan-hosting-beserta.html
https://www.trik.my.id/
https://www.trik.my.id/
https://www.trik.my.id/2020/03/pengertian-domain-dan-hosting-beserta.html
true
3610684226484108978
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content