Cara Backup Website Di cPanel

advertise here


Untuk menghindari kehilangan data data website karena sebuah insiden-insiden yang tidak di inginkan seperti server crash atau mati total yang di sebabkan kerusakan di hardware, website terkena serangan malware atau yang lainnya. Maka di perlukan yang namanya backup website yang di lakukan secara rutin.
Berikut cara melakukan backup website di cPanel.

1. Di halaman utama cPanel Anda, masuk ke kategori menu Files kemudian pilih menu “Backup Wizard”.

2. Setelah halaman backup wizard terbuka , akan ada dua pilihan yang dapat Anda pilih: backup atau restore, klik tombol Backup pada bagian bawah.

3. Halaman selanjutnya klik tombol Full Backup

4. Pilih di mana file backup akan di tempakan.

Selanjutnya di halaman Full Backup ini Anda perlu memasukkan tujuan tempat backup website Anda akan ditempatkan setelah proses backup selesai di lakukan, apakah Home Directory, FTP Server, atau malah alamat email Anda sendiri. Jika sudah, klik tombol Generate Backup.

5. Download file backup

Setelah Anda menekan tombol backup pada langakh ke 4 di atas maka proses backup di mulai, lamanya proses backup tergantung dari seberapa besar dan banyak ukuran file di dalam website Anda.
Semakin banyak dan besar file website Anda maka akan semakin lama proses backup websitenya.
Klik link atau tulisan Go Back pada gambar di bawah ini.
Jangan khawatir proses Backup akan terhenti dan Anda tidak perlu harus menunggu seperti nunggu lilin agar tidak mati. Akan tetapi Anda bisa melakukan aktifitas lain karena proses backup melalui cPanel umumnya di lakukan di dalam sistem.
Jika proses backup telah selesai, Anda akan mendapat notifikasi melalui email dan terbuka halalamn seperti di bawah ini.
Untuk mendownload file backupanya silahkan buka directory atau tempat Anda meletakan file backupnya, yang telah di atur pada langkah nomor 4 di atas.