Cara Backup Data Website WordPress

Bagi pemilik atau pengelola website, membackup seluruh konten atau data website adalah rutinitas yang harus di lakukan. Data-data web...



Bagi pemilik atau pengelola website, membackup seluruh konten atau data website adalah rutinitas yang harus di lakukan.
Data-data website adalah aspek penting yang perlu Anda perlakukan dengan hati-hati.
Hal-hal buruk dapat terjadi kapan saja, seperti server crash, website terserang malware dan lain sebagainya. Yang dapat mengakibatkan Anda kehilangan data data di dalam website WordPress Anda.
Secara keseluruhan ada 3(tiga) cara membackup website, khususnya untuk website yang berplatform wordpres. Untuk website yang menggunakan platfrom selain wordpress kurang lebih sama dan mirip mirip.

#1. Backup Data Website WordPress secara manual

Cara ini termasuk cara jadul alias primitif tapi terkadang untuk situasi tertentu sangat efektif…
Caranya juga mudah, login ke dalam panel yang Anda gunakan lalu menuju ke bagian file manager, compress seluruh file website WordPress Anda. Download file yang sudah terkompress tadi.
Kemudian setelah itu backup databasenya dengan menuju ke menu phpmyadmin, temukan nama databasenya jika di dalam phpmyadmin memiliki banyak nama database, pastikan database yang Anda backup adalah database yang sesuai dengan websitnya.
Klik nama databasenya kemudian klik expor pada menu bagian atas. lihat gambar !
Jika lupa untuk mengetahui nama database yang di gunakan oleh website yang akan di backup, temukan file wp-config.php di dalam root file website wordpress Anda.
File manager cpanel
Lalu kemudian buka file wp-config.php tersebut. Dan temukan kode seperti di bawah ini !.
/** The name of the database for WordPress */
define( 'DB_NAME', 'nama_databasenya_di_sini' );
Setelah file website dan databasenya terdownload, satukan ke dalam 1 folder, nama foldernya dengan nama website dan tanggal backup dan simpan dengan baik , bisa di tetap local PC tapi lebih baik upload ke tempat penyimpanan awan seperti google drive dan lainnya.
Kekurangannya metode backup data website WordPress dengan cara manual adalah cukup menghabiskan waktu dan merpotkan apalagi jika mengerjakan backup harian.

#2. Backup Data Website WordPress Melalui Server Panel

Backup data website wordpress melalui server panel adalah backup menggunakan tool atau fitur yang di sediakan oleh server panel yang Anda gunakan. Cara dan langkahnya pun berbeda beda tergantung dari server panel yang Anda gunakan.
Langkah-langkahnya pun umumnya cukup mudah karena tinggal klik klik saja dan tunggu proses backup selesai.
Jika Anda menggunakan Shared Hosting atau semi Dedicated Hosting umumnya menggunakan server panel dari cPanel.
Untuk cara backup data website wordpress melalui cpanel bisa Anda baca di artikel berikut.

#3. Backup Data Website WordPress menggunakan Plugin.

Selain dengan cara manual maupun melalui server panel, backup data website WordPress dapat di lakukan menggunakan plugin.
Plugin WordPress khusus untuk backup tentunya.
Menariknya plugin backup WordPress sudah memiliki fitur backup terjadwal, sehingga hanya dengan melakukan sekali setup di awal, backup data website WordPress dengan priode waktu tertentu dapat di lakukan tanpa harus berulang kali melakukan backup secara manual.
Untuk beberapa plugin bcakup tersedia pula fitur yang otomatis mengupload file backup ke server awan seperti google drive dan lainnya, yang mana ini berguna sekali agar space di dalam website selalu tersedia dengan lega.
Hanya saja, perlu di perhatikan jika Anda menggunakan backup terjadwal menggunkan plugin backup. Pastikan server Anda mumpuni saat plugin melakukan proses backup serta memiliki ruang disk yang cukup.
Karena alih-alih mendapatkan file-file backup yang baik dan tersusun rapi malah mendapatkan file-file yang korup atau rusak dan gagal saat di restore, yang di sebabkan oleh server yang tidak bekerja dengan baik saat plugin melakukan proses backup karena di saat bersamaan melayani banyak pengunjung.
Berikut daftar atau list plugin yang dapat Anda gunakan untuk membackup data website WordPress Anda.
  1. Backup Buddy
    Plugin ini berbayar dan terbilang cukup lumayan harganya, tapi menurut saya plugin ini cukup baik untuk urusan backup dan restore website WordPress.
  2. UpdraftPlus
    UpdraftPlus adalah plugin backup WordPress paling populer dengan jutaan aktif install pengguna. Tersedia versi Gratis dan berbayar.

    Meskipun demikian untuk versi gratisnya pun sudah cukup dan mudah untuk melakukna full backup, manual backup maupun backup terjadwal.
  3. VaultPress
    Selanjutnya ada VaultPress, Plugin backup yang di kembangkan langsung oleh Automatic, perusahaan di balik WordPress itu sendiri.

    Untuk saat ini VaultPress adalah bagian dari jetpack, jadi untuk menggunakan plugin ini, Anda harus menginstall plugin jetpack terlebih dahulu.
  4. BackWPUp
    BackWPUp adalah plugin Backup selanjutnya yang cukup populer, saat ini dengan 600.000 + active install.
Dan masih banyak lagi plugin-plugin WordPress yang dapat Anda gunakan untuk membackup data website WordPress.
Mana yang cocok dan pas? silahkan di coba dan buktikan sendiri,
Saya sendiri dari 4 plugin di atas baru mencoba menggunakan plugin BackupBuddy. dan memang cukup membantu saya untuk urusan backup dan restore data website WordPress.
Sekian semoga bermanfaat

sc:  fiqhidayat.com

Name

About US,1,activate,1,ADDMEFAST,1,AdLinkFly,1,Adobe Illustrator,1,Adsense,17,ANALISA WEB,1,android,39,anonymous-surfing,1,Aplikasi,40,Artikel,11,Backlink,7,Backlinks,20,Backup,1,BBM,5,beginners,1,Best 140+ Do-follow Web 2.0,1,Best 59+ Free Ping Submission Sites For Faster Indexing,1,Best High DA Dofollow Blog Commenting,1,BIN,1,Blog,27,Blog Design,2,Blogger,1,Blogspot,3,Bounce Rate,1,Canva pro,1,CDN,1,Chrome,1,Copy Artikel,1,cPanel,1,crack,2,darknet,1,darkweb,1,Desain,1,DevTools,1,DIGITAL MARKETING,1,Disposable E-mail Free,1,Disqus,1,domain,1,download,2,DropMyLink,1,Dunia Kampus,1,e-books,1,EDU BACKLINKS,5,Envato Elements,1,Express Vpn Premium Account,1,FAQ SCHEME PAGE,1,Followers,1,Footer,1,free,1,Free Courses,2,Free Credits,1,Free Image Submission Sites,1,free methods,1,Free Profile Creations Sites List 2020-2021,1,Free RDP,1,Free Video Submission Sites List 2020-2021,1,freelancing,1,Gadget,7,giveaway,1,Gmail,2,Google,3,GOOGLE ADS,1,Google Adsense,2,GOOGLE ANALYTICS,1,Google Dork,1,google drive,2,Google My Business Customer Reviews,1,GOOGLE SEARCH ENGINE,1,GoogleNews,1,Grammarly Premium Cookies,1,guide,2,Guides,1,Header,3,High Authority Blog Submission Sites List,1,High DA/PA PPT Submission Sites List 2020-2021 for SEO,1,hosting,1,Hotstar Premium,1,How To,1,How to Activate,3,HTML,5,IDM,1,Info Blog,11,Info Google,13,Inspirasi,5,Instagram,4,internet,1,Jejaring Sosial,12,JNews,1,JSON-LD,1,Kapita Selekta,3,Komentar,8,Komputer,11,Kurikulum 2013,2,Label,3,learning,1,LINE,3,Link,14,LINK BUILDING,1,Lynda,1,Lynda.com,1,Majalah Wanita Online,1,MENINGKATKAN SEO WORDPRESS,1,Menu,2,MICRODATA SEO,1,MultCloud,1,multi cloud management,1,MyThemeShop,1,Netflix Accounts,1,News,38,newsmag,1,newspaper,1,Noor theme,1,Nord Vpn Premium Account In April 2020,1,NORD VPN PREMIUM ACCOUNTS,1,On Page SEO,8,online shop,1,Opini,10,OVHcloud,1,Page Speed,1,Pagerank,8,PDF Submission,3,PDF Submission Sites,1,Pembelajaran,4,Pixelyoursite,1,plugin,1,plugins,2,post views,1,Posting,10,Premium cookies,1,Privacy Policy,1,Produk,1,proxy,1,PVANISH PREMIUM ACCOUNT,1,reset-password,1,Review,52,RSS,1,RSS Feed Submission Sites List 2020-2021,1,Schema,1,Search Engine,4,SEARCH QUALITY RATERS,1,Secret Hacks,1,SEF,8,seo,98,SEO Tools,3,SEO WORDPRESS,1,Settings,1,Shopify,1,Shopping,1,Shortcode,1,Sidebar,2,social media,14,SoundCloud,1,Spam,1,Spotify,1,Spotify Premium Accounts,1,STM Forum,1,Submission,1,tagdiv,1,Template,9,themes,2,Tips,3,Tips & Tricks,17,TIPS DAN TRIK,2,tips-tricks,4,Tokoh,1,Tools,10,Tricks,9,Trik,1,umum,1,VPS,1,Web 2.O Sites List 2020,1,Web Hosting,2,Webmaster Tools,6,Website,3,WhatsApp,16,Widget,10,windows,1,Windows 11,1,wordpress,23,WORDPRESS & WOOCOMMERCE TUTORIALS,1,WP Rocket,1,youtube,18,YouTube 2021,1,
ltr
item
Trik.My.ID - Trik dan Tips Untuk Semuanya: Cara Backup Data Website WordPress
Cara Backup Data Website WordPress
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOkj51-41ePYSgXvnIBdH6OJ4HM9ITZezGSXi0bcL01PNCHfjW2abg0oY2SOGAb3IjlWp9pNRzn-drZ0unFRl3ApC8DnLYoMOA08YbTna4ng00mPnNXa-fNwICCxahYhhA2m4GnxgAGmrz/s640/cara-backup-website-wordpress.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOkj51-41ePYSgXvnIBdH6OJ4HM9ITZezGSXi0bcL01PNCHfjW2abg0oY2SOGAb3IjlWp9pNRzn-drZ0unFRl3ApC8DnLYoMOA08YbTna4ng00mPnNXa-fNwICCxahYhhA2m4GnxgAGmrz/s72-c/cara-backup-website-wordpress.png
Trik.My.ID - Trik dan Tips Untuk Semuanya
https://www.trik.my.id/2020/03/cara-backup-data-website-wordpress.html
https://www.trik.my.id/
https://www.trik.my.id/
https://www.trik.my.id/2020/03/cara-backup-data-website-wordpress.html
true
3610684226484108978
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content