Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google Dalam 1 Menit

advertise here

Google memiliki robot crawler ‘spider’ yang tugasnya melaukan index terhadap postingan baru baik berupa konten artikel, gambar dan video. Untuk waktu datangnya robot crawler spider ke website tidak bisa diprediksi, tiap website memiliki waktu index yang berbeda-beda. Secara alami artikel pada website yang baru dibuat membutuhkan watu indexing yang lebih lama, bisa sampai hitungan mingguan. Untuk posting artikel pada website yang sudah berumur membutuhkan waktu yang lebih cepat untuk indexing, biasanya hitungan jam sampai harian.

Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

Bagi Anda yang menginginkan artikelnya segera terindex dan tampil dihalaman pencarian Google, jika harus menunggu dalam hitungan hari pasti tidak akan sabar. Nah pada kesempatan kali ini kami sudah merangkum bagaimana cara agar artikel cepat terindex google dalam 1 menit. Selain itu dari segi traffic pengunjung untuk website yang sudah terindex, akan semakin banyak pengunjung yang menemukan artikel website Anda.
Untuk Anda yang menginginkan masuk dihalaman pertama pencarian Google, cara ini belum bisa maksimal, karena persaingan dihalam pertama Google tergolong berat. Anda harus mempelajari teknik SEO Website agar bisa meningkatkan peringkat website dihalaman pertama pencarian Google. Jika sudah dikombinasikan keduanya, maka untuk mendapatkan halaman pertama Googlebukanlah hal yang sulit.

Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mempercepat index website:
Pastikan sudah mendaftarkan website di Google Webmaster (Console)
Alasan kenapa harus mendaftarkan artikel pada Google Webmaster adalah karena Google sekarang ini menjadi penyumbang traffic terbesar dari Internet. Untuk bisa cepat terindeks Anda harus sesegera mungkin mendaftarkan website di Webmaster agar dikenali Google. Tool ini bersifat gratis, Anda tinggal mendaftar dengan menyiapkan email saja. Untuk cara mendaftar di Google Webmaster silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:
Silahkan akses ke website Google Search Console.

Login akun google serach console

Silahkan login dengan akum email Google yang Anda miliki.
Jika sudah masuk ke dashboard Console, silahkan pilih ‘Add property’.

Add Property – Masukan URL Website

Pilih pada ‘URL Prefix’, lalu masukan URL website dan klik ‘Continue’.

Pilih domain dan masukan URL domain

Ada berbagai pilihan verifikasi yang bisa dipilih, tetapi untuk paling mudah biasanya dengan upload file HTML script dengan ektensi .html ke server hosting atau memasukan HTML Tag tambahan pada template website setelah <head>.

Verifikasi Google Search Console

Jika sudah silahkan klik ‘Verify’ dan tunggu sampai berhasil.
Agar website cepat terindex oleh Google, setiap posting artikel baru silahkan copy URL dan masukan di kolom submit pada bagian atas.

Submit Console

Klik enter dan pilih ‘Request Indexing’, tunggu hingga proses selesai.

Request Indexing

Untuk mengecek artikel sudah terindex atau belum silahkan buka Google Search, paste-kan URL artikel tadi kolom pencarian Google, jika sudah muncul berarti artikel Anda sudah terindex Google.
Jika Anda sudah mendaftarkan website ke Google Console dengan benar, tidak butuh waktu yang lama untuk artikel bisa diindex oleh Google. Dalam hitungan menit pun sudah bisa tampil dihalaman pencarian Google.

Menambahkan Sitemap WebsitE

Sitemap atau bisa juga disebut peta situs ini memiliki fungsi untuk memudahkan robot crawler spider Google untuk melakukan index pada website. Ada beberapa sitemap yang perlu Anda submit ke Search Console diantaranya author, category, post, page dan tag. Berikut cara membuat sitemap website:
Langkah pertama silahkan login dulu akun Search Console atau Webmaster.

Login akun google serach console

Jika sudah sampai pada dashboard Console, silahkan scroll ke bagian tengah dan pilih menu ‘Sitemap’.

Menambahkan sitemap website

Silahkan masukan ‘URL Sitemap’ pada website dan lakukan verifikasi hingga berhasil. Jika Anda menggunakan plugin SEO WordPress seperti Yoast SEO, sitemap ini sudah ada tinggal submit URL saja ke halaman Console. Pastikan semua sudah disubmit dan statusnya sukses.

Langkah Setelah Terindex

Banyak yang beranggapan bahwa setelah artikel terindex di Google prosesnya sudah selesai. Ini hanya proses awalnya saja, setelah ini Anda harus melakukan optimasi website agar bisa bersaing dihalaman pertama pencarian Google dengan teknik SEO. Ada banyak metric yang harus diperhatikan mulai dari riset keyword, navigasi website, kualitas konten, internal link, external link dan kecepatan website.
Jika ada pertanyaan tentang cara cepat indexing artikel Google dalam 1 menit silahkan tuliskan dikolom komentar dibawah ini.