Cara Install File APK di HP Android Secara Manual dan Offline dengan Mudah

advertise here
Untuk pengguna smartphone, mereka harus terbiasa dengan instalasi aplikasi. Proses menginstal aplikasi pada smartphone Android biasanya dilakukan melalui Google Play Store.
Banyaknya aplikasi yang tersedia di Google Play Store membuat kebanyakan orang lebih suka menginstal dari penyedia layanan ini. Karena, cara mengunduh dan menginstal dapat dengan mudah dilakukan dari aplikasi gratis hingga berbayar.
Tidak hanya itu, pemasangan aplikasi melalui penyedia layanan ini juga langsung diperbarui. Namun, terkadang aplikasi yang Anda cari tidak tersedia di Google Play Store atau jika Anda ingin menginstal aplikasi offline (dengan catatan bahwa file apk harus sudah diunduh).
Nah, Anda dapat menginstal aplikasi yang Anda inginkan secara manual, yaitu mengunduh file dengan ekstensi (.apk) dari penyedia lain selain Google Play Store. File APK ini sendiri adalah file perangkat lunak atau program untuk membuat penugasan dalam sistem operasi Android.
Jadi, bagaimana cara menginstal file apk di ponsel Android secara manual dan offline? Artikel ini akan memberi tahu Anda langkah-langkah untuk menginstal file apk di smartphone Android Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menginstal file APK di ponsel Android:


Cara menginstal APK secara manual di ponsel Android



Sebelum melakukan tahap-tahap menginstall file apk secara manual pada smartphone Android Anda, ada baiknya Anda harus mengatur izin pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak diketahui pada pengaturan Android Anda.
Hal ini agar memungkinkan Anda untuk melakukan proses instalasi aplikasi dari sumber yang tidak diketahui atau selain Google Play Store.
1. Buka Settings pada smartphone Anda.

2. Pilih Safety & privacy.

3. Kemudian izinkan instalasi dari aplikasi yang tidak diketahui dengan cara klik tombol ON atau ceklis pada Unknown sources.

4. Selanjutnya, download file apk yang Anda inginkan. Anda dapat mendownload file apk di APKPure atau website download apk lainnya. Pada artikel ini, saya mengunduh file apk Quoda for Android. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini ketika mendownload file apk, pilih saja OK.

Catatan: Anda dapat mendownload file apk ini melalui smartphone Anda sendiri (melalui browser). Jika Anda mendownload file apk menggunakan laptop, silahkan pindahkan ke smartphone Anda menggunakan kabel USB, bluetooth, dan lain sebagainya. Dalam mengunduh file apk, hal yang harus Anda ingat yaitu anda harus mendownload di website yang kredibel dan populer seperti APKPure dan pastikan juga aplikasi yang didownload harus compatible dengan perangkat Android Anda.
5. Buka file apk yang telah Anda download sebelumnya.

6. Lalu klik tombol Continue installing.


7. Kemudian pilih Install.

8. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Kemudian pilih Done.

9. Kembali ke home smartphone Anda. Lalu buka aplikasi yang telah terinstall.

10. Anda telah berhasil menginstall file apk di perangkat smartphone Android Anda secara manual dan offline.