Belajar Fungsi Penting Fitur Webmaster Tools

advertise here
Google Webmaster Tools
GOOGLE WEBMASTER TOOLS SEARCH CONSOLE
Alat dan laporan Search Console membantu Anda mengukur lalu lintas dan kinerja Penelusuran situs Anda, memperbaiki masalah, dan membuat situs Anda bersinar dalam hasil Google Penelusuran. Google webmaster tools versi lama berakhir pada 13 Desember 2018, untuk itu buka : Search Console baru

Dengan kata lain webmaster tools adalah alat kontrol dari perilaku situs sebagai dasar langkah selanjutnya untuk mengoptimalkan SEO di dalam blogspot. Selain webmaster tools anda dapat juga menggunakan iGoogle sebagai alat pendukung seperti widget dengan kaya fitur lainnya. Webmaster tools juga berfungsi sebagai alat bantu mendaftarkan url blog ke google penelusuran. Berikut ini adalah menu dari fungsi fitur webmaster tools versi tampilan lama serta cara menggunakan Google Webmaster Tools.

Search Console

Pada menu dasbor kita akan melihat beberapa kolom penting secara umum. Fitur ini menampilkan total klik, total tayangan, ctr, posisi rata-rata dan lain sebagainya. Pada dasarnya fitur menu dasbor ini menunjukkan hasil crawl mesin pencari pada halaman blog secara keseluruhan.

Fitur ini menyediakan layanan berbagai informasi tentang kesehatan situs web kita di webmaster tools. Biasanya dikirim secara otomatis dari google apabila ditemukan masalah kritis dan beberapa perubahan extrim untuk blog kita. Seperti perubahan penargetan lokasi blog, maupun perubahan bahasa yang digunakan biasanya dikirim melalui fitur pesan ini.

→ Data Terstruktur
→ Kartu Rich
→ Penyorot Data
→ Penyempurnaan HTML
→ Halaman Seluler yang Dipercepat

→ Telusuri Analytic
Fitur telusuri analytic berfungsi sebagai pelaporan kinerja webmaster tools atas crawl robot dalam kurun waktu tertentu. Untuk versi tampilan lama, google menutup layanan ini pada 13 Desember 2018.
→ Tautan ke Situs Anda
Laporan menu tautan ke situs anda berisi semua data tentang jumlah link yang menuju suatu halaman blog. Semua data akan ditampilkan pada menu tersebut. Perlu diperhatikan, link atau tautan dibedakan menjadi 2, yaitu link internal dan link external. Pada fitur tautan ke situs anda ini menampilkan jumlah link external. Link external adalah tautan yang mengarah langsung menuju blog atau halaman dan berasal dari website lain.
→ Tautan Internal
Seperti sudah dijelaskan di atas perbedaan menu ini yaitu menampilkan jumlah tautan internal blog kita. Link internal yaitu tautan yang saling berkaitan maupun link yang bersumber dari halaman blog kita sendiri.
→ Tindakan Manual
Pada menu ini adalah fitur pelaporan apabila pemilik blog melakukan tindakan manual namun berdampak pada kesehatan situs. Biasanya fitur ini menampilkan perlakuan blog atas pelanggaran pembuatan link dan diindikasi perbuatan spam. Tindakan spam dapat dilakukan secara tidak sengaja dengan berkomentar di website dengan widget komentar google+ dengan menyertakan link aktif. Saya sudah pernah mengalami hal ini dan muncul pada fitur menu ini.
→ Penargetan Internasional
Seperti penamaan menu tersebut, fitur penargetan internasional menampilkan area keterlihatan blog kita, apakah itu hanya suatu negara tertentu, maupun secara global (dapat dilihat di seluruh dunia)
→ Kebergunaan Seluler
Fitur ini menampilkan laporan kinerja jika blog kita diakses pada device seluler. Laporan kebergunaan seluler tidak akan menunjukkan masalah serius jika kita menggunakan design blog real responsive.

Status Indeks
Fitur penting dan utama ini menampilkan laporan hasil index halaman pada server data google. Laporan ini terkadang tidak sesuai realita waktu (real time)
Sumber Daya yang Diblokir
Host ini menayangkan sumber daya situs yang diblokir untuk Googlebot. Jika Googlebot tidak dapat mengakses sumber daya penting di halaman Anda, halaman tersebut mungkin tidak diindeks dengan benar. Pelajari lebih lanjut fitur ini dan jika tidak ada sumber daya terblokir yang terdeteksi (pastikan Anda memeriksa semua varian situs).
Hapus URL
Mengenai fitur hapus url ini, atau layanan penghapusan url pada hasil pencarian dilakukan secara manual. Fitur ini digunakan jika pemilik situs atau webmaster berkehendak untuk melakukan penghapusan alamat url atas hasil index google yang seharusnya halaman tersbut tidak ingin diikut sertakan lagi pada hasil pencarian Google. Baca panduan penghapusan url di Google

Kesalahan Perayapan
Pada menu ini menampilkan laporan kesalahan perayapan dari kinerja google bot dan menampilkan url mana saja yang bermasalah.
Statistik Perayapan
Fitur penampil data statistik perayapan blog kita, semakin hari sebaiknya nilai data statistik juga meningkat. Penurunan statistik perayapan biasanya terjadi pada perubahan alamat sitemap, pengiriman ulang sitemap, ataupun tindakan manual lainnya di webmaster tools.
Fetch as Google
Fitur ini sangat sangat sangat penting bagi seorang webmaster atau pemilik blog agar halaman cepat terindeks oleh google. Gunakan fitur ini jika akses dari robot google bot menunjukkan beberapa keterlambatan akses atau susah untuk index. Bisa juga fetch as Google ini digunakan untuk mempercepat indeks google sebuah halaman dan reindeks halaman akibat perubahan yang dilakukan, namun perlu dicermati sesuai peraturan kebijakan google webmaster.
Penguji Robots Txt
Pengujian robots txt dilakuan secara manual dengan mengecek alamat blog atau halaman dengan tujuan sebagai simulasi sebuah robot google bot merayapi halaman. Pengujian erat kaitannya dengan pengaturan robots txt blogger serta pengaturan tajuk header blog.
Peta Situs
Yaitu area pelaporan kinerja sitemap atau peta situs blog melalui halaman sitemap. Protokol sitemap dikirim dengan format XML dengan alamat blog khusus, artikel sebelumnya mengenai penggunaan fitur sitemap ini adalah blogger sitemap Google Webmaster Tools sudah saya publikasikan.
Parameter URL

Pada menu masalah keamanan ini jarang sekali muncul pada laporan webmaster tools. Fitur ini mempunyai fungsi apabila blog kita terkena maleware atau masalah keamanan lain yang sangat fatal. Saya sendiri mulai dari awal ngeblog 2010 hingga saat ini belum pernah menjumpai menu ini menunjukkan laporan. Itu artinya setiap blog saya tidak pernah terkait masalah keamanan tersebut.

Pada area ini merupakan tools gratis untuk mengecek performa langsung blog yaitu :

Laporan Pengalaman Iklan dekstop dan mobile
Pengalaman Penyalahgunaan
Alat Pengujian Data Terstruktur
Sumber Daya Lainnya
Search Console