Perlukah Blog Ini Menggunakan Custom Domain?

advertise here
custom domain
Di dalam blogger Nama domain adalah salah satu identitas utama sebuah blog. Selain judul blog domain adalah suatu karakter dari sebuah blog. Domain adalah seperti ini www.sejutatrikblogger.com walau ngarep aja :D. Banyak para blogger membuat nama domain yang unik dengan tujuan memperoleh bahkan membuat pengunjung selalu berfikir tentang nama domain tersebut. Dengan demikian pengunjung akan selalu mengunjungi blog tersebut karena selalu memikirkan nama domain. Nah sekarang, perlukah blog ini menggunakan custom domain?

Apalah arti nama sebuah blog bagus bila tidak memiliki domain yang mudah diingat? nama blog atau judul blog boleh tidak mudah diingat, tetapi nama domain harus yang mudah diingat karena nama domain ini yang akan memudahkan pengunjung mengakses blog kita tanpa bantuan google. Dikarenakan nama domain adalah pintu masuk atau akses yang bisa digunakan pengunjung untuk mengunjungi blog kita di kemudian hari.

Sebelum bicara lebih lanjut tentang custom domain, mari kita bahas kegunaan domain, custom domain. Custom domain memiliki ciri, dan tujuan tersendiri di dalam blog. Berikut menurut blogger newbie :
1. Profesionalisme Blogger
Blog yang memiliki custom domain bisa dibilang blog tersebut memiliki admin yang profesional dan all out dalam berblogger. Custom domain juga menambah kualitas jual dari sebuah blog.
2. Google Adsense
Untuk pecinta google adsense atau yang sekedar pencari uang receh di dunia online. Baik itu bisnis online kecil-kecilan atau pemula seprti saya bahkan sampai multi level market online atau apalah itu wajib memiliki custom domain. Akan tetapi banyak blog yang masih menggunakan sub domain .blogspot.com sudah bisa memajang Google Adsense. Tetapi ada tapinya, kita harus berbagi pendapatan dari situs yang diikuti. Biasayanya 50:50, apa kamu rela berbagi :(
3. SEO
Untuk seo memilik nilai tersendiri bagi blog yang memilik TLD (Top Level Domain) atau Custom domain. Banyak diantara blog yang mengikuti kontes SEO dapat memenangkan kontes tersebut walau hanya bermodalkan Custom Domain.
4. Kebebasan Memilih
Custom domain memiliki kebebasan dalam memilih nama yang kita suka sesuai selera. Tidak dibatasi entah itu jumlah ataupun kata. Asalkan nama domain belum dipakai oleh orang lain. Tidak seperti di blogger, saya mendaftar 3 huruf kata untuk blog namun selalu gagal. :(

Nah perlukah blog ini menggunakan custom domain? saya sempat berfikir, apa keuntungan lain dan berbagai kerugiannya setelah menggunakan custom domain. Bagi master blogger mohon pencerahan dan pengalamannya di kotak komentar!