Optimasi SEO Blogspot Mempercepat Indeks Google

advertise here
indeks google

Tips belajar SEO blogspot mengenai cara cepat dan efektif agar sebuah artikel maupun judul blog dapat diindex dan terbukti 100% berhasil diikut sertakan Google pada hasil penelusuran. Blog atau domain baru juga bisa cepat terindex bahkan dalam hitungan detik. Sebelum melakukan optimasi blog dalam panduan ini, kami menyarankan untuk mempelajari pengertian dan cara sederhana berikut terlebih dahulu seperti tips mudah dari saya ini.

Cara cepat index artikel maupun blog yang saya gunakan yaitu dengan cara Optimasi SEO off page. Agar trik ini berhasil di blog kamu, saya menyarankan untuk mempelajari dengan teliti syarat dan ketentuannya khusus untuk blogspot
1. Arti Istilah Pengindeksan Mesin Pencari
Index adalah proses sebuah artikel diterima dan dicatat oleh mesin pencari pada data server.
Submit adalah proses sebuah artikel dikirimkan ke mesin pencari melalui form pengiriman artikel dan melalui ketentuan yang berlaku sebuah mesin pencari
Crawler adalah alat mesin pencari melakukan crawl atau perayapan seluruh isi artikel blog kita. Nama lain disebet robots, google bot dan lain sebagainya.
Serving yaitu proses penyajian keterkaitan kata kunci saat mesin pencari menampilkan hasil pencariannya.
Reindex adalah proses pencatatan ulang isi artikel pada data server mesin pencari
Mengenai istilah pengindeksan dapat dilihat melalui artikel penjelasan tentang cara kerja mesin pencari.
2. Cara Kerja Index Mesin Pencari
Cara kerja agar artikel mudah dan cepat diindex mesin pencari cukup mudah asalkan memenuhi kriteria berikut :
→ Artikel atau blog sudah dikirimkan ke webmaster tools sebuah mesin pencari melalui form submit artikel.
→ Artikel atau blog haruslah memiliki meta tag index di blogger ataupun pengaturan blogspot pada menu setting.

3. Penjelasan Waktu Index dan Reindex Google
Waktu index artikel baru relatif lebih cepat dibandingkan dengan reindex artikel yang telah lama dipublikasikan. Apalagi jika artikel tersebut telah lama tidak dilakukan modifikasi atau pembaharuan, maka artikel tersebut kemungkinan membutuhkan waktu agak lama agar dapat di index kembali (reindex).
Waktu index untuk artikel baru setelah publikasi yaitu sekitar 2-3 hari. Sedangkan waktu untuk melakukan reindex terhadap artikel yang sudah lama memakan waktu jauh lebih panjang dari index artikel baru dimana waktu untuk melakukan reindex sangat beragam dan sangat bergantung pada konsisi web atau blog anda.
Apabila dalam kunjungan berikutnya atau kunjungan ke sekian kalinya terhadap artikel lama dan hasilnya adalah artikel tersebut tidak ada perubahan maka besar kemungkinan bot tidak lagi mengunjungi artikel tersebut. Hal ini dikarenakan bot mencatat bahwa dalam periode tertentu tidak ada perubahan dari konten artikel tersebut.
Untuk membuat bot melakukan index atau reindex pada artikel yang telah dipublikasikan pada web atau blog anda, anda dapat mencoba beberapa cara mempercepat index dan reindex Google berikut.
4. Trik cepat terindex dan Reindex Mesin Pencari
A. Gunakan tools submit URL (Fetch as Google)
Cara optimasi seo untuk mempercepat proses index dan reindex Google yaitu dengan cara submit URL ke Google. Submit URL ke Google dapat dilakukan pada Google Webmaster Tools yang anda miliki dengan masuk ke menu crawl > fetch as google. Panduan lengkap sumbit URL dengan menggunakan fetch as google dapat dilihat pada 2 cara mengindex artikel di Google hitungan detik.

B. Gunakan Ping Website Service Terbaik
Website ping service berfungsi untuk memberitahukan mesin pencari Google untuk melakukan kunjungan ke URL yang di tunjuk. URL yang ditunjuk dalam hal ini adalah URL yang diinginkan untuk di index atau di reindex. Gunakan seo tools website ping service terbaik dari kami.

C. Share Media Sosial
Dengan melakukan share artikel ke sosial media akan membuat bot Google melirik artikel anda, apalagi jika artikel anda di share berulangkali dan menjadi topik bahasan dari banyak orang maka mesin pencari akan mempertimbangkan index atau reindex artikel tersebut.

5. Kesimpulan
Proses cepat atau lambatnya index dan reindex sebuah artikel atau sebuah website adalah keputusan dari Google. Silahkan lihat panduan fetch as Google agar penggunaan fitur webmaster tools ini. Untuk perubahan alamat artikel lama harus melalui proses panjang. Perubahan http ke https juga mempengaruhi waktu pengindeksan halaman. Untuk blog lama seperti punya saya ini perlu penanganan khusus karena perlu pengalihan manual di webmaster tools. Bila teman-teman membangun blog baru tentu alamat posting langsung diarahkan pada https. Demikian artikel optimasi seo blogspot tentang cara mempercepat index dan reindex google terhadap artikel blog. Semoga bermanfaat dan apabila bermanfaat, bagikan ke teman-teman anda.
Update 4 Desember 2018