Memasang Rich Snippets di Blogger

advertise here
Update 28 November 2018 Markup Pengarang/Author tidak lagi didukung dalam SERP Google, itu artinya pada hasil penuelusuran pengarang atau author kini tidak ditampilkan lagi Lihat halaman pemberitahuan resmi google. Sebagai pengganti markup rich snippet terbaru ada dalam artikel di bawah ini.
Hasil Rich Snippet Google
Apa itu Rich Snippet? Rich Snippget adalah fitur google pada hasil SERP (Search Engine Result Page) atau hasil pencarian google yang diperkaya dengan beberapa kategori khusus sesuai tag informasi di dalamnya. Lihat penjelasan resmi google tentang fitur penelusuran google. Dari fitur ini dikenal dengan nama Rich Snippet atau cuplikan hasil penelusuran yang diperkaya. Terdapat 21 jenis halaman yang diterima google dan dapat diterapkan pada blog. Berikut adalah jenis konten pemasangan rich snippet di blog.

21 Jenis Halaman Rich Snippets


Breadcrumb 
Adalah sebuah link navigasi yang biasa diletakkan seorang pemilik blog di atas judul artikel. Penggunaannya bertujuan memudahkan mesin pencari melakukan crawl dari alamat beranda hingga ke alamat halaman artikel (URL).
Rich Snippet Google Breadcrumb

Breadcrumb google seperti dijelaskan melalui halaman resmi rich snippet breadcrumb jejak dari sebuah breadcrumb menunjukkan posisi halaman sebuah situs. Breadcrumb berfungsi untuk mengategorikan informasi dari halaman tersebut dalam hasil penelusuran. Memasang rich snippet breadcrumb dapat dilihat pada artikel kami pada memasang rich snippet breadcrumb google khusus untuk blogspot.
Kontak Perusahaan
Fitur rich snippet google markup kontak perusahaan di situs resmi Anda untuk menambahkan informasi kontak perusahaan ke panel Pengetahuan Google di beberapa penelusuran, misalnya ketika pengguna memasukkan nama perusahaan Anda ke dalam kotak Penelusuran. Dengan begitu semua informasi terkait di dalamnya akan dimunculkan google.
Rich Snippet Kontak Perusahaan

Markup rich snippet google kategori kontak perusahaan dapat diuraikan seperti gambar di atas melalui alat pengujuan data. Lihat sumber referensi rich snippet kontak perusahaan google.
Carousel
Seperti halnya dengan widget slider, fitur rich snippet carousel dapat berupa gallery gambar berurutan seperti tampilan galleri slide. Fitur ini dilengkapi dengan rating bintang dan mendukung gambar dan video dari dalam artikel sebuah situs
Logo
Sudah jelas fitur ini dikhususkan bagi pemilik organisasi atau pemilik bisnis. Dengan fitur ini terdapat kotak gambar logo bisnis dan terkait informasi di dalamnya seperti CEO (Pemilik), alamat, Jenis layanan, Didirikan, dan lain sebagainya sesuai format yang didukung
Kotak Penelusuran Sitelink
Dahulu google SERP menamilkan sitelink dengan tujuan memberikan alamat url diunggulkan seperti artikel yang banyak dikunjungi. Seperti halaman kontak, halaman produk, dan lain sebagainya. Seperti fitur rich snippet kotak penelusuran di atas, fitur ini menambahkan alamat sitelink sebuah situs dan juga terdapat form pencarian langsung di bawahnya.
Profil Sosial Media
Biasnya fitur ini dimiliki oleh website artis atau pejabat pemerintah dan orang terkenal lainnya. Fitur ini menampilkan jejeran alamat sosial media dari orang yang bersangkutan tersebut. Bagi pemilik blog terkenal juga dapat menambahkan fitur ini jika kalian menghendakinya.
Artikel
Untuk penggunaan rich snippet artikel haruslah berhati-hati dan dilakukan dengan benar sesuai kualitas pedoman webmaster google. Artikel memang sangat kompleks dikarenakan jenis artikel dapat menjurus ke berbagai artikel. Biasanya rich snippet artikel dikhususkan untuk blog berita. Namun ada penulis buku yang memasangnya agar konten terindeks lebih baik.
Buku
Kursus
Kumpulan Data/Tabel
Acara/Event
Verifikasi Informasi
Postingan Lowongan Pekerjaan
Bisnis Lokal
Pekerjaan
Podcast
Produk
Resep
Ulasan
Dapat diucapkan
Video

Rich Snippet Video Generator | Alat Pengujuan Data Terstruktur GoogleLihat halaman resmi google tentang gallery penelusuran berkaitan dengan rich snippet ini. Happy Blogging! by. Sejuta Trik Blogger