Cara Compress Blogspot Yang Benar

advertise here
Cara Compress Blogspot Yang Benar menurut Sejuta Trik Blogger adalah suatu cara optimasi blogspot menggunakan alat-alat website baik itu software (ofline) ataupun situs penyedia jasa compress (online) dengan maksud untuk mempercepat loading atau muat secara utuh suatu blog.

Di dalam SEO tentunya kecepatan atau loding suatu blog atau website menjadi pertimbangan bagi search engine agar tampil di posisi utama hasil pencarian. Memang saat blog kita lama memuat secara penuh juga akan membuat pengunjung blog kita kabur karena jengkel dengan loading blog yang sangat lama. Nah sahabat tidak ingin semua itu terjadi kan?

Setelah mondar-mandir di mbah google ternyata tutorial yang disajikan semuanya asal-asalan. Kenapa saya bilang asal-asalan, karena tidak mementingkan keselamatan dari blog pengunjung. (Mohon maaf jika kata-kata saya ini menyinggung blogger lain).

Saya sempat emosi, dikarenakan saya sudah percaya 100% eh ternyata setelah dipraktekkan blog menjadi rusak alias kurang sesuai harapan. Tapi tidak apa-apa dengan begitu saya jadi semangat menulis artikel ini. Bagi sahabat yang sudah mengalami kejadian seperti itu, saya harap setelah membaca artikel Cara Compress blogspot yang benar ini, kerusakan tidak terjadi lagi. Dan tujuan untuk mengkompress blogspot untuk mempercepat loading blogspot sesuai harapan.

Mari kita bahas dari langkah-langkahnya. Sebelum memulai kompresi blogspot diharapkan membaca ini :
a. Element Blogspot
Element Blogspot penyusun template kurang lebih ada tiga (3) pilar utama yaitu Cascading Style Sheet (CSS), Java Script, dan HTML.
b. Dari ketiga (3) macam element tadi harus dikompresi tersendiri.
c. Perhatian! Jangan mengcopy seluruh kode mulai dari <b:skin><![CDATA[ hingga ]]></b:skin> secara total dan mengcompress nya di tool compressor.
d. Backup dulu Template Sahabat sebelum melakukan kompresi
e. Kesabaran dan Ketelitian
f. Berdo'a
Jika dirasa sudah paham dan dilakukan, kita mulai dari CSS

1. Cascading Style Sheet (CSS)
Untuk kode CSS biasanya ditunjukkan/ dimulai dengan tanda bintang (*), Dot (.) dan Pagar (#). Untuk melakukan kompresi, Silakan copy semua kode yang ditunjukkan dengan tanda di atas. Jangan Centang satupun tool CSS Compressor. Dan pastikan hanya Kode CSS yang dimasukkan. Tool yang digunakan untuk mengkompress CSS Blogspot yaitu CSS Compressor.

CSS Compressor
Jika sudah, Copy paste dan Klik Compress.
TIPS
1) Untuk CSS sebenarnya dengan cara manual sudah bisa yaitu menghapus spasi dan enter di setiap kode CSS. Contoh :
#header-wrapper{
width:940px;
margin:10px auto;
padding:10px 0;
}

Menjadi :

#header-wrapper{width:940px;margin:10px auto;padding:10px 0;}        dan seterusnya. Hasinya pun hanya sekitar 2-5 Kb saja. Apakah kamu kurang kerjaan? he...he..
2) Jangan gunakan background gambar di bagian .body { url  kalaupun ada, ukuran gambar kira-kira 15-25 Kb saja dan jangan terlalu mencolok.
3) Usahakan jangan ada CSS yang ganda, selain eror juga menambah berat loading
2. Java Script atau Javascript code
Javascript Compressor

Didalam javascrit juga harus memperhatikan kode javascript yaitu dimulai dengan tanda <script type='text/javascript'> atau <script> bisa juga <script scr='alamat js.'>. Untuk mengkompres javascript kita memerlukan tool yaitu yang bernama Javascript Compressor. Pastikan hanya kode javascript yang dimasukkan! Setelah itu compress.
TIPS
1) Untuk melakukan commpres javascript yang benar jangan compres memua kode, Hanya kode didalamnya saja yaitu kode yang diapit antara <script type='text/javascript'> atau <script> kode javasript yang dicompress </script> atau //]]>
2) Usahakan jangan menaruh javascript dari tempat hosting lain. Ini akan membuat loading berjalan lama.
3. HTML

Seperti halnya langkah Mengkompres CSS. Penggunaan backdash dan spasi dalam html blog akan membuat loading lama. Jadi disarankan penggunaan backdash dan spasi yang sewajarnya. Tool yang digunakan adalah HTML Kompressor
TIPS
1) Penggunaan backdash dan spasi di HTML Blog juga berpengaruh pada loading dan tampilan blogspot. Penggunaan backdash dan spasi biasanya digunakan sebagai batas antara element. Biasanya penggunaan paling banyak ada di bagian komentar Blogspot. Maka dari itu tampilan komentar mengandung rongga atau spasi ke bawah yang lebar.
2) Hapus di bagian yang menurut sahabat banyak menggandung lebar ke bawah yang tidak penting.
Tips lain berkaitan dengan Cara Compress Blogspot Yang Benar

* Upload gambar yang ukuran tidak terlalu besar
* Kurangi penggunaan flash yang berat
* Isi widget yang tidak terlalu banyak penggunaan javascript
* Hilangkan widget-widget yang sekiranya tidak bermanfaat seperti jam dll
* Tempatkan widget-widget yang memudahkan pengunjung menelusuri isi blog kita
* Jangan menampilkan Posting di halaman depan lebih dari 5 posting (solusinya tampilkan hanya judul saja)
* Jangan menggunakan emotion yang berlebihan pada kotak komentar
* Verifikasi kata pada kotak komentar
* Memasang auto musik dapat memberatkan blog
* Jangan menggunakan Jquery lebih dari 4 macam dalam 1 blog
* Compress setiap gambar sebelum diupload ke tempat hosting menggunakan Software Fast Photo Resizer 

Sekiranya itu saja yang sejuta trik blogger share tentang Cara Compress Blogspot Yang Benar. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi pengunjung setia blog ini. Akhir kata, ayo semangat blogger Indonesia!

Image loading by : alexander-zulkarnain.blogspot.com

Happy Blogging! by. Sejuta Trik Blogger